SRILESTARIFARM.COM | Domba yang berhasil melahirkan anak merupakan domba yang bagus. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat domba anda sedang menyusui.

Kalau hal ini tidak diperhatikan secara sempurna maka kualitas susu akan turun. Ditambah lagi produksi susu si betina bakal tidak optimal.

Hal pertama yang wajib diperhatikan ialah kondisi kandang saat domba Anda menyusui pastikan kandang sidomba dalam keadaan selalu bersih. Supaya si domba merasa nyaman dan suasananya bersih sehingga jauh dari segala bentuk penyakit.

Jangan sampai kandang si kambing kotor sehingga banyak penyakit yang menempel dan dapat berdampak buruk pada si anak gembala dan indukannya.

Kandang yang kotor bisa mendatangkan penyakit seperti mencret dan cacingan titik saat si domba anakan karena terkena penyakit tersebut maka peluang untuk mati itu tinggi titik sehingga anda sebagai peternak bakal merugi.

Hal kedua yang wajib diperhatikan ialah pakan induk betina yang sedang menyusui. Pakan yang wajib diberikan terdiri dari pakan hijauan dan konsentrat. Dalam sehari pakan hijauan yang dibutuhkan atau diberikan kepada si domba yang sedang menyusui sebanyak 3 sampai 5 kg per hari.

Nah hiJauan yang sangat bagus untuk si induk kambing yang sedang menyusui adalah jenis rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria. Ditambah beberapa  jenis daun kacang-kacangan, seperti daun gamal, Kaliandra serta daun kacang tanah.

Untuk menambah stamina si induk betina upayakan berikan pakan yang berasal dari pakan pakan alternatif. Seperti jerami padi, daun jagung, daun nangka, waru dan daun dadap serta daun pisang.

Hal ketiga yang wajib diberikan kepada si induk yang sedang menyusui adalah konsentrat. Konsentrat yang diberikan dapat dibikin sendiri oleh si peternak atau bisa juga beli di pasaran.

Untuk bikin sendiri, si peternak bisa memanfaatkan dedak padi kemudian jagung giling dan bungkil kelapa serta ampas tahu. Bahan-bahan tersebut diolah untuk dijadikan campuran makanan si domba. Supaya  produksi susu nya semakin meningkat dan kebutuhan susu si anak domba dapat terpenuhi secara sempurna.

Hal terakhir yang wajib diperhatikan oleh si peternak saat indukan domba sedang menyusui ialah memberikan air minum. Oleh karena itu selalu siapkan air yang gampang di jangkau oleh si induk betina. Sehingga setiap saat, si betina membutuhkan air minum, si betina bisa mengambilnya dan meminumnya.

Pakan hijau dan konsentrat serta kondisi si kandang yang bersih merupakan hal-hal yang wajib diberikan kepada si domba yang sedang menyusui agar isi indukan betina tercukupi nutrisinya serta anak yang dilahirkan juga tercukupi nutrisinya. Semoga anak domba yang baru lahir terhindar dari penyakit serta dapat tumbuh besar titik sehingga dapat laku di pasaran dan menguntungkan bagi si beternak.

Komentar Anda