Ilustrasi Kambing Arapawa (pexels-felix)

Kambing Arapawa asal New Zeland atau yang lebih dikenal sebagai negara Selandia Baru jadi salah satu jenis yang terancam punah. Kambing ini sampai di New Zeland bersama Kapten James Cook yang menemukan pulau New Zeland pada tahun 1773.

Kambing arapawa, sebenarnya berasal dari Inggris dengan garis keturunan kambing perah asal Inggris bernama English Landrace. Saat ini, kambing ini di negeri Inggris sendiri sudah tercatat mengalami kepunahan akibat perburuan.

Baru pada tahun 1970-an, kambing ini diekspor dari New Zeland ke Amerika dan Inggris di tahun 2014 untuk kembali dikembangkan.

Beruntung, kedatangan kambing ke pulau bernama Arapoa Island ini tak sengaja telah menyelamatkan ras kambing ini dari kepunahan. Sesuai nama pulau yang disinggahi, kambing ini lantas diberi nama kambing arapawa. Kambing yang hidup secara liar ini juga rentan terhadap cuaca hujan, angin dan panas yang ekstrem.

Kambing arapawa memang memiliki postur dan tanduk yang eksotik. Selain perburuan dagingnya yang memiliki ciri khas seperti daging rusa, akhirnya membuat kambing ini lebih dimanfaatkan untuk pedaging.

Padahal, kambing arapawa juga memiliki produktivitas susu yang cukup baik, meski tak setinggi jenis perah lain.

Dua ekor kambing english landrace yang dilepaskan James Cook ke Pulau bernama asli Arapoa Island ini tercatat berkembang cukup cepat hingga 1889. Bahkan, kambing ini juga menjadi pengendali gulma yang efektif seperti pinus liar dan rerumputan yang tumbuh dominan.

Namun, kambing arapawa mulai mengalami perburuan yang masif pada tahun 1970-an, hingga membuat kambing bertanduk besar ini terancam punah.

Kambing arapawa memiliki ciri khas warna putih, cokelat dan hitam. Kambing ini sekilas mirip domba. Postur tubuhnya yang besar terlihat sangat gagah dengan tanduk besar mengarah ke belakang untuk betinda. Sementara tanduk besar jantan lebih memiliki karakter lebih melebar. (mua)

Referensi:

Alison Sutherland, Caroline Stanners “Arapawa Goats: A Practical Guide For Beginners”, New Zealand Arapawa Goat Association, 2020

https://ewikiid.top/wiki/Arapawa_goat, diakses 26 Oktober 2022.

Komentar Anda