SRILESTARIFARM.COM | Domba Garut sendiri pada awalnya berasal dari domba Merino dan Kaapstad yang masuk ke wilayah Priangan dibawa oleh pengusaha teh KF Holle, yang menernakkan domba itu pertama kali pada 1864. Tak berselang lama, domba impor itu pun menyebar di kalangan penghobi domba, antara lain Bupati Garut Suryakarta Legawa (1915-1929). Adapun domba lokal yang disilangkan dengan domba impor itu berasal dari Kampung Cibuluh, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan. Dalam bahasa Latin domba Garut disebut Ovis aries.

Ciri – Ciri Domba Garut

 

Beberapa orang mungkin masih bingung untuk membedakan domba Garut dengan domba lainnya. Dapat kita lihat beberapa ciri-ciri domba Garut yang membedakan dengan domba lainnya berikut ini:

  1. Berat badan domba jantan dapat hidup 50 – 80 kg, berat domba betina 30 – 40 kg
  2. Daun telinga relatif kecil dan kokoh, bentuk telinga rumpung sampai ngadaun hiris (4-8 cm).
  3. Berbulu lebih panjang dengan warna bulu beragam (putih, hitam dan coklat atau warna campuran).
  4. Domba betina tidak bertanduk, walaupun bertanduk ukurannya kecil sedangkan domba jantan bertanduk besar, kokoh kuat dan melingkar.
  5. Kepala pendek, dahi sedikit lebar, bentuk kepala cembung
  6. Ekor berbentuk segitiga terbalik dengan timbunan lemak pada pangkal ekor dan mengecil pada bagian bawah
  7. Berbadan besar, lebar serta kuat dan kekar.

Keunggulan Domba Garut

Domba Garut memiliki postur tubuh yang besar dan tegap bila kita bandingkan dengan domba lainnya, penampilan tanduknya sangat beraneka ragam, cantik dan bisa dibentuk menurut selera tuannya. Dan yang terpenting tentu saja sifatnya yang “temperamental” khas domba laga. Domba Garut cukup tanggap terhadap manajemen pemeliharaan yang baik dibandingkan domba lokal dan bangsa domba lain yang ada di Indonesia.

Banyak keunggulan dari domba Garut, selain terkenal sebagai domba ketangkasan, domba Garut merupakan ternak eksotik. Penampilan fisiknya menawan berperawakan tinggi kekar, bulu dengan berbagai corak, tanduk yang khas memberikan kepuasan batin pemiliknya. Sehingga tidak aneh harga domba Garut jantan berkualitas bisa mencapai 10 juta, bahkan sampai ratusan juta.
Domba Garut merupakan domba tropis yang dapat beranak lebih dari dua ekor dalam satu siklus kelahiran. Ini sangat menguntungkan bagi peternak, karena dalam periode satu tahun, domba Garut dapat mengalami dua siklus kelahiran. Keunggulan lain dari domba Garut yaitu kualitas dagingnya ternyata memiliki nilai gizi yang cukup baik dibandingkan daging kambing.

Selain itu kulit domba Garut termasuk salah satu terbaik di dunia kualitasnya. Biasanya kulit domba Garut dijadikan bahan baku pembuatan jaket. Kotoran domba Garut pun memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk pertanian. Dengan cara digiling dan proses fermentasi, kotoran domba Garut menjadi pupuk organik untuk segala macam tanaman. Sehingga integrasi peternakan domba Garut dengan pertanian, dua hal yang sangat menguntungkan (simbiosis mutualisme).[SFL]

Komentar Anda