SRILESTARIFARM.COM | Dalam usaha peternakan pakan ternak merupakan kebutuhan utama dan mutlak yang harus disediakan oleh para peternak. Salah satu jenis pakan utama yang harus disediakan adalah rumput. Mengingat kambing merupakan hewan herbivora.

Namun, peternak harus mempelajari beberapa jenis rumput yang dapat dikonsumsi oleh kambing. Setiap rumput memiliki kandungan yang berbeda dan cara tumbuhnya yang berbeda.

Inilah lima jenis rumput yang dapat digunakan untuk pakan ternak kambing.

  1. Rumput Gajah
    Rumput gajah merupakan salah satu jenis pakan ternak yang dapat tumbuh di daerah marginal. Rumput gajah dapat dengan mudah tumbuh secara maksimal di berbagai tempat hingga maksimal ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut.

    Ciri-ciri rumput gajah adalah daun yang panjang tinggi hingga sampai 4 meter merumpun lebat dan tumbuhnya tegak ke atas.

  2. Rumput Benggala
    Rumput yang berasal dari Zimbabwe, Afrika ini merupakan jenis rumput yang familiar dan digunakan oleh para peternak kambing untuk pemenuhan pakan Rumput benggala memiliki banyak daun yang dapat tumbuh pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

    Ciri-cirinya adalah daun yang lebar dan berwarna hijau tua, bunganya berwarna hijau dan keunguan, serta memiliki batang yang berongga dan halus.

  3. Rumput Setaria
    Rumput setaria adalah jenis rumput yang berasal dari kawasan subtropika dan Tropika di benua Afrika. Secara morfologi rumput setaria memiliki ciri-ciri daun yang lunak dan lembut, serta batangnya yang berwarna kemerahan.

    Rumput setaria dapat dengan mudah tumbuh pada ketinggian 1000 hingga 3000 meter diatas permukaan laut. Kandungan rumput ini ini juga sangat bagus untuk hewan ternak. Yaitu protein kasar sekitar 8%, dan serat kasar sekitar 32%

  4. Rumput Australia
    Meskipun bernama Australia, rumput ini berasal dari Argentina. Rumput ini dapat mudah tumbuh pada tanah yang memiliki struktur sedang hingga berat. Mampu hidup pada ketinggian 2000 m diatas permukaan laut.

    Ciri-ciri dari rumput Australia adalah memiliki tinggi yang bisa mencapai 150 cm serta daunnya yang rimbun yang berwarna hijau tua.

  5. Rumput Kolonjono
    Rumput ini berasal dari benua Afrika atau Amerika Selatan. Rumput kolonjono tidak dapat tumbuh pada ketinggian lebih dari 1200 m diatas permukaan laut. Ciri-ciri dari rumput ini adalah warna daun yang hijau gelap, bunganya yang berwarna ungu, serta bentuk daunnya yang linier.

Itulah berbagai jenis hijauan atau rumput yang ditanam lalu digunakan sebagai pakan utama hewan ternak khususnya kambing. Namun peternak harus berhati-hati dalam memberikan pakan hijauan seperti rumput ini.

Pasalnya, jika tumbuhan hijau seperti rumput ini ditumbuhkan dengan bantuan pestisida, akan berimbas pada hewan ternak seperti kambing. Kambing akan terserang penyakit terutama pada gangguan pencernaan hingga keracunan.

Untuk itu perlu bagi para peternak untuk mempelajari menumbuhkan rumput dan mengelolanya.[SLF]

Komentar Anda