SRILESTARIFARM.COM | Ternak kambing merupakan salah satu usaha yang banyak diminati oleh orang Indonesia karena dianggap menguntungkan. Salah satunya karena banyak momentum yang dapat dimanfaatkan. Contohnya seperti Idul Adha.

Jenis kambing yang ada di Indonesia sangat beragam. Jumlahnya pun banyak dan berasal dari berbagai daerah di dunia. Ada pula kambing yang merupakan hasil perkawinan silang antara dua jenis kambing.

Inilah jenis-jenis kambing yang populer di Indonesia

  1. Kambing Boer
    Jenis kambing ini berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini sangat mudah dikenali karena memiliki tubuh yang panjang dan lebar. Warnanya pun cukup mencolok, biasanya berwarna putih, campuran putih, atau coklat.

    Kambing Boer memiliki berat sekitar 35 hingga 45 kg. Kambing ini juga dikenal karena daya reproduksinya yang tinggi sehingga memang sangat cocok digunakan sebagai hewan ternak.

  2. Kambing Kacang
    Kambing kacang adalah jenis kambing pertama kali yang dikembangkan di Indonesia. Jenis kambing ini menjadi ras yang paling unggul karena memiliki daya reproduksi yang tinggi. Sebagaimana kambing boer, kambing kacang juga sangat mudah dikenali.

    Bedanya, kambing kacang yang memiliki warna hitam, coklat, atau putih dengan posisi telinga yang tegak, dan memiliki bulu yang pendek. Anda pasti sangat mengenali jika bertemu dengan kambing ini.

  3. Kambing Etawa
    Jenis kambing ini berasal dari India. kambing etawa dikenal sebagai kambing yang memproduksi banyak susu dan tergolong sebagai salah satu jenis kambing yang unggul. nama asli dari kambing etawa sendiri adalah kambing jamnapari.

    Kambing ini memiliki telinga yang panjang yang terkulai ke bawah, lalu tampak cembung pada bagian hidung dan dahinya.

  4. Kambing Jawarandu
    Kambing jawarandu adalah kambing dari hasil perkawinan antara kambing etawa dan kambing kacang. Banyak orang menyebut kambing ini sebagai kambing gumbolo atau kambing koplo.

    Biasanya kambing ini diternak untuk diambil susunya, karena ia dapat memproduksi susu sampai 1,5 liter per hari.

  5. Kambing Peternakan Etawa (PE)
    Sama seperti kambing jawarandu, kambing ini juga dari hasil persilangan antara kambing etawa dan kambing lokal atau kambing kacang. Kambing ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan kambing etawa namun lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia.

    Ukurannya cukup besar, yaitu bisa sampai 91 kg. Kambing peranakan etawa biasanya memiliki bulu belang yang berwarna putih, hitam, coklat, hingga merah.

Itulah lima dari sekian banyak jenis kambing yang populer di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan kambing yang bukan berasal dari Indonesia. Pemilihan setiap kambing yang akan digunakan untuk diternak memiliki tujuan dan proporsinya masing-masing.

Ada baiknya Anda mengenali lebih jauh tentang jenis-jenis kambing yang ada ada, lalu disesuaikan dan dengan tujuan dari peternakan Anda sendiri.[SLF]

Komentar Anda