SRILESTARIFARM.COM| Pakan hijauan merupakan pakan primer bagi domba. Si domba sangat menyukai hijauan seperti  rumput odot dan satu lagi yang lagi booming namanya rumput pakchong.

Rumput pakchong ini ternyata bisa hidup bahkan bisa dibudidayakan oleh peternak di seluruh Indonesia.  Rumput Pakchong berasal dari Thailand. Nama rumput ini mengambil dari wilayah atau tempat tinggal seorang ilmuwan yang mengembangkan dan mempopulerkan rumput pakchong. Yaitu Prof.Doktor. Krailas dari distrik Pak Chong Thailand.

Berikut beberapa fakta tentang rumput Pakchong.

Pertama, rumput pakchong merupakan rumput yang bisa hidup meninggi serta memiliki daun-daun yang lebat. Rumput pakchong memiliki kandungan 16,45% protein lebih besar dibandingkan dengan rumput odot yang hanya mengandung 11,6% protein.

Kedua, rumput pakchong tidak berduri.  Rumput pakchong, perawatannya sangat mudah. Dalam seminggu sekali, cukup disiram ketika musim kemarau. Masa tanam hingga masa panen hanya cukup waktu 40 hari.  Sehingga para peternak bisa langsung memakannya dan memberikan rumput Pakchong kepada si domba. Satu lagi kelebihan rumput pakchong yaitu tidak berduri. Sehingga domba akan merasa senang dan gampang mengunyahnya.

Ketiga, Kapasitas Produksi.  Dari kapasitas produksi,  rumput pakchong lebih unggul dibanding rumput lainnya. Rumput odot per tahun per hektarnya bisa memproduksi 350 ton. Sementara rumput pakchong dalam waktu setahun per hektarnya bisa memproduksi 1500 ton.

Dengan kapasitas tersebut tentu rumput Pakchong sangat cocok ditanam oleh para peternak domba. Sehingga, kebutuhan nutrisi dan hijauan domba dapat terpenuhi secara sempurna.

Keempat, kesalapahaman. Di Indonesia orang-orang belum banyak yang tahu bahwa rumput Pakchong merupakan rumput gajah. Orang-orang Indonesia kebanyakan menganggap rumput pakchong itu berbeda dengan rumput gajah.  Padahal sama, cuma beda sebutan saja.  Bagi orang Indonesia mereka kesulitan menyebut nama pakchong, sehingga mereka lebih suka menyebutnya rumput gajah.

Setelah tahu fakta-fakta bombastis tentang rumput  Pakchong, mulailah menanam dan berikan hijauan segar pada domba kesayangan Anda. Supaya domba Anda sehat dan dapat tumbuh secara cepat.[SLF]

Komentar Anda