SRILESTARIFARM.COM | Proses penggemukan domba tidak selalu berjalan mulus. Ada saja beberapa penyakit yang bisa muncul pada domba. Seperti penyakit ngorok, penyakit kudis, penyakit diare, hingga penyakit radang kuku.

Penyakit-penyakit tersebut tentu membuat domba kesakitan dan proses pertumbuhan si domba bakal terganggu. Salah satu penyakit yang kita bahas kali ini ialah penyakit radang kuku pada domba.

Penyakit radang kuku ini muncul disebabkan oleh bakteri yang muncul ketika kuku terluka, sehingga menyebabkan infeksi pada bagian kuku. Bakteri itu muncul melalui peralatan yang digunakan pada saat memotong kuku si domba kurang steril. Bisa juga muncul akibat kandang yang tidak bersih.

Gejala awal yang muncul ketika si domba terkena penyakit radang kuku ialah badan si domba akan panas,  pada  kuku yang sudah terkontaminasi oleh bakteri  maka kakinya domba akan pincang. Lantas, ketika kuku tersebut disentuh, sidomba akan mengalami kesakitan.

Tahapan penyakit tersebut ialah  kuku bengkak kemudian mengelupas sehingga bagian kaki yang kukunya bengkak menyebabkan kepincangan. Alhasil proses pertumbuhan si domba baga melambat karena si domba menurun nafsu makannya.

Cara menyembuhkan radang kuku pada domba

Pertama, pisahkan domba yang sudah terinfeksi dari domba  lainnya. Dengan cara diisolasi. Supaya penyakit radang kuku tersebut tidak menular kepada domba-domba yang lain. Pemisahan tersebut juga berfungsi sebagai bentuk karantina supaya proses pengobatan bisa cepat dan fokus.

Kedua, setelah diisolasi, harus dirawat. Perawatan pertama ialah dengan potong  bagian kuku yang terkena radang dengan alat yang steril. Potong kuku secara perlahan kemudian hilangkan atau kotoran bagian luar & dalam kuku. Pemotongan kuku yang sudah terkena radang juga bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada domba.

Ketiga, bersihkan dengan alkohol. Setelah kuku yang mengalami peradangan dipotong, bersihkan bagian dalam kuku serta bagian luar kuku. Cara supaya steril, bersihkan menggunakan cairan antiseptik seperti alkohol.  Setelah alkohol diberikan dan kuku sudah bersih selanjutnya berikan salep. Setelah dioles salep,  tutup kuku si domba dengan perban supaya bagian kuku yang sudah terobati  steril.

Cara tepat agar tidak terken radang kuku ialah dengan membersihkan kandang domba dan memberikan pakan kambing dan minuman yang bersih. Ditambah digunakan pemotongan kuku yang  steril. Demikian semoga bermanfaat terima kasih.[SLF]

Komentar Anda