SRILESTARIFARM.COM | Domba garut memiliki ciri tanduk yang khas. Semakin besar tanduk maka domba garut semakin gagah.

Salah satu cara supaya tanduk domba garut bisa tumbuh lebih cepat dan optimal adalah dengan teknik pembutrikan. Teknik pemberitaan ialah memotong bulu yang tumbuh di sekitar tanduk.

Bulu yang tumbuh di sekitar tanduk bisa menghambat pertumbuhan optimal . Di sisi lain, bulu yang tumbuh di sekitar tanduk bisa menyebabkan penyakit kuris, sehingga bisa mengakibatkan tanduk domba yang yang panjang dalamnya keropos.

Bagi Peternak domba Garut, proses pembuktrikan  merupakan tahapan wajib. Berikut merupakan tahapat-tahapan pembutrikan tanduk domba Garut.

Pertama, Siapkan gunting. Anda harus menyiapkan gunting namun bukan gunting sembarangan yang biasanya digunakan untuk mencukur rambut manusia. Bentuk gunting yang digunakan dalam proses pembuktrikan  ialah gunting obras.  Gunting ini biasanya digunakan oleh para penjahit.

Kedua, Tali domba pada tiang.  Anda harus meminta bantuan teman untuk mengendalikan si domba. Caranya dengan menali si domba supaya tidak meronta-ronta. Ketika sidomba sudah tenang, Anda bisa memulai proses pemotongan bulu di sekitar tanduk.

Ketiga,proses pemotongan bulu. Hati-hati dalam memotong bulu sidomba. Pastikan dulu sidomba sudah tenang, agar proses pemotongan tidak membuat luka pada si domba. Pastikan di sekeliling pangkal tanduk bulunya terpotong dengan rapi dan baik sehingga tampilan sidomba semakin cantik.

Keempat, pengompresan.  Setelah bulu-bulu di sekitar tanduk domba dibersihkan, maka sidomba harus dikompres dengan air hangat. Kompres di sekitar tanduk dan dan di sekitar kulit hingga bersih.

Terakhir, supaya domba tampak bersih dan kinclong bagian tanduknya, jemur  domba di bawah matahari saat pagi.  Di tambah lagi, penjemuran juga bertujuan supaya domba mendapatkan vitamin D.

Metode atas boleh digunakan. Proses pengguntingan  harus hati-hati. Jangan sampai memotong kulit yang dapat melahirkan luka baru pada sekitaran tanduk.

Ketika Anda belum pernah melakukan tahapan pembuktrikan, silahkan hubungi kawan-kawan yang sudah berpengalaman melakukan pembuktrikan.

Selamat mencoba, semoga tanduk domba Anda tumbuh bagus dan domba Anda tampak gagah.[SLF]

Komentar Anda