SRILESTARIFARM.COM | Rumput odot merupakan jenis rumput yang sangat disukai oleh ternak seperti kambing sapi dan domba. Rumput odot juga mudah ditumbuhkan, sehingga banyak sekali peternak yang menanam dan memberikan rumput odot pada ternaknya.

Para peternak di desa, biasanya menggunakan rumput gajah serta rumput odot sebagai pakan utama sidomba. Karena domba sangat menyukai dan senang ketika diberi rumput odot.

Rumput odot juga banyak dicari oleh para peternak. Oleh karena itu supaya lebih mudah, para peternak yang biasanya juga menjadi petani ,menanam sendiri rumput odot di lahan sekitaran sawah yang kosong seperti di galengan.

Di samping itu, rumput odot juga memiliki banyak keunggulan. Seperti, proses pertumbuhan rumput odot yang lebih cepat, rumput odot juga bisa tumbuh di tanah yang kering,di tambah lagi si  domba juga sangat suka dengan rumput odot.

Berikut adalah metode menanam rumput odot:

Buat Media Tanam Rumput

Lahan yang kosong bisa dijadikan media untuk menanam rumput odot. Seperti  galengan sawah serta tanah kosong yang tidak dipakai. Tanah sebelum ditanami sebaiknya  diberi pupuk organik seperti kotoran domba.  Agar tanah menjadi gembur. Tanah yang gembur akan mudah ditanami rumput dan menjadi pendorong proses tumbuh kembangnya nya rumput odot.

Jarak Tanam Yang Baik

Cara menanam yang efektif ialah dengan memperhatikan jarak tanaman antar rumput odot. Supaya rumput odot bisa berkembang, jarak tanam antar rumput sekitar 50 CM.

Rumput odot bisa juga ditanam dengan pola monokultur serta multikultur. Sehingga rumput odot bisa ditanam dalam satu lahan yang semua isi lahannya adalah rumput odot. Di sisi lain rumput odot  juga bisa ditanam bersama jenis tanaman lainnya.

Perawatan

Supaya rumput odot berkembang dengan baik. Proses pemupukan rumput harus dilakukan. Upayakan setelah 15 hari di tanam, rumput odot harus diberi pupuk organik.

Proses memberi pupuk dan  merawat odot, merupakan kunci supaya rumput odot cepat berkembang. Sehingga  dalam waktu dekat, Anda bisa memanennya.[SLF]

Komentar Anda