Cara Mengusir Nyamuk di Kandang DombaSRILESTARIFARM.COM | Kandang merupakan tempat untuk berlindung si domba dari panas dan hujan serta serangan hewan buas. Kandang juga menjadi ruang bagi si domba untuk berkembang biak. Segala aktifitas domba semuanya berada di kandang.

Namun, dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis, banyak kandang yang dihinggapi oleh hewan-hewan kecil yang bisa menimbulkan penyakit. Seperti lalat dan nyamuk.

Lokasi kandang juga sangat menentukan. Kandang yang di bangun di sekitar kali yang airnya tidak mengalir, tentu  sangat dekat dengan sumber nyamuk. Kandang akan menjadi tempat berkumpulnya nyamuk. Apalagi ketika kandang tersebut tidak dibersihkan setiap hari.

Di musim hujan ketika debit air semakin tinggi, maka nyamuk akan semakin berkembang biak. Domba-domba yang berada di kandang tentu akan merasa terganggu. Nyamuk bakal menggigit si domba dan bisa membuat sakit sidomba. Orang-orang desa biasanya membuat bediang, atau kumpulan semak yang dibakar untuk mengusir nyamuk.

Oleh karena itu para peternak harus selalu membersihkan kandangnya setiap hari. Dan membangun kandang domba yang jauh dari genangan air. Serta kandang yang jauh dari kali  yang airnya tidak mengalir.

Alhasil, untuk menekan populasi nyamuk atau perkembangan nyamuk di saat musim hujan, demi menghadirkan kandang yang nyaman bagi si domba,  maka para peternak harus melakukan hal-hal berikut:

Pertama, kandang harus dibersihkan setiap saat. Jangan sampai rumput dan sampah dibuang di sekitar kandang.

Kedua, ketika kandang sedang kosong atau domba sedang digembalakan diluar, maka kandang harus di semprot-semprot disinfektan di area kandang serta sekitar kandang. Gunakan disinfektan yang aman, jangan sampai Anda teledor menyemprotkan disinfektan pada pakan atau air minum si domba. Karena bisa-bisa domba yang Anda pelihara keracunan.

Tiga, genangan air yang tertampung ember bekas atau lubang sebaiknya ditutupi.  Supaya genangan air tersebut tidak dijadikan tempat berkembang biak dan tempat berkumpulnya nyamuk.

Demikian beberapa cara untuk mengusir nyamuk dari kandang domba. Semoga domba yang Anda rawat selalu sehat.[SLF]

Komentar Anda