SRILESTARIFARM.COM | Dalam proses produksi, domba harus diberikan pakan yang bergizi serta tambahan vitamin. Supaya cepat tumbuh dewasa dan bobotnya bertambah secara cepat.

Nah, setelah dewasa dan bobotnya sudah besar, peternak harus siap-siap memasarkan semua dombanya yang sudah dewasa. Agar cepat laku di pasaran serta mendapatkan uang.

Di desa, biasanya para peternak domba membawa dombanya ke pasar hewan. Di samping membawanya ke pasar, biasanya para tengkulak domba datang ke rumah peternak. Kemudian melihat kondisi domba, kalau cocok langsung membawa dombanya. Jadi proses jual beli lebih cepat.

Ada beberapa cara untuk memasarkan domba agar cepat laku di pasaran. Berikut cara memasarkan domba anda di pasar offline atau online.

Pasar Offline

Bentuk pasar offline adalah pasar tradisional. Cara memasarkannya adalah dengan membawa si domba ke pasar hewan. Di pasar hewan akan berjumpa para pembeli dan penjual domba.

Si penjual dan pembeli bisa langsung melakukan transaksi jual-beli dan melihat kondisi domba secara langsung. Para pembeli juga bisa membandingkan harga dan kualitas domba.

Cara offline lain untuk mendatangkan pembeli ialah dengan cara mencetak serta menyebarkan brosur iklan. Selebaran brosur iklan tersebut berisi jenis domba, kualitas, keunggulan, serta harganya.

Oh ya satu lagi, hal yang patut diketahui adalah selebaran iklan harus disebarkan di tempat-tempat yang memiliki potensi ekonomi tinggi supaya cepat laku.

Pasar Online

Kini Dengan hadirnya media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Tik tok, & YouTube, maka proses memasarkan domba Anda sangat muda.

Anda tinggal posting foto domba Anda, dengan spesifikasi atau kondisi domba secara jelas. Mulai dari berat domba, umur domba, jenis domba, dan harga.

Postingan foto tersebut dan semua keterangan bisa dimasukkan ke dalam media sosial yang Anda miliki. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, & Tik tok. Dengan cara posting tersebut, Anda  bisa menjangkau pasar yang luas sesuai dengan keinginan.

Berjualan Di Marketplace

Saat anda memiliki 40-50 domba, maka untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda bisa posting video atau foto kondisi kandang serta domba-domba yang siap dipasarkan.

Video dan foto domba tersebut langsung dibagikan di forum jual beli online atau marketplace seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.  Dengan cara tersebut, pasar domba Anda akan lebih luas dan bisa menemukan pembeli potensial secara cepat.

Website Buat Kandang

Anda juga bisa membuat website pribadi khusus jual beli domba. Sehingga Anda lebih leluasa mengatur konten pemasaran anda. Disamping itu ketika kandang Anda memiliki website pribadi maka Anda termasuk penjual yang mudah dikenal serta memiliki kredibilitas yang tinggi.[slf]

Komentar Anda