SRILESTARIFARM.COM | Bagi para peternak yang dombanya sedang bunting maka hal itu harus disyukuri. Anda akan melihat domba betina melahirkan 2-3 anakan domba. Sehingga benda harus bahagia dengan cara selalu memberikan pelayanan pakan yang bergizi.

Pakan yang bergizi tentu yang paling disukai oleh si domba berupa  hijauan. Seperti rumput gajah.

Ketika betina bunting, selain pakan hijauan yang harus diberikan kepada si domba betina, kesehatan domba serta kebersihan kandang merupakan hal yang sangat penting. Supaya, domba betina yang sedang bunting tidak stress dan tidak terserang penyakit.

Domba juga seperti manusia ketika hamil. Ada beberapa makan yang tidak boleh diberikan kepada betina yang  bunting. Ketika si Domba diberikan pakan yang notabene masuk ke dalam kategori pakan pantangan, maka  berdampak negatif pada si induk dan anaknya yang masih berada dalam perut.

Berikut beberapa pakan yang tidak boleh diberikan atau harusnya dikurangi ketika domba betina sedang bunting.

Temulawak

Temulawak merupakan ramuan dari alam yang sangat pas untuk meningkatkan nafsu makan si domba. Namun, jangan berikan temulawak ketika domba betina sedang bunting. Temulawak yang dikonsumsi domba saat bunting, bisa berdampak buruk terhadap janin domba.

Beras Kencur

Pakan tambahan yang tidak boleh diberikan ketika si Domba sedang hamil ialah beras kencur. Beras kencur ketika dikonsumsi saat si domba betina sedang bunting bisa berdampak buruk pada betina yang sedang hamil.

2 pakan alternatif di atas merupakan pakan yang tidak disarankan dikonsumsi oleh si domba ketika domba sedang hamil. Agar si domba selalu sehat dan kondisi janin juga sehat, selalu berikan  pakan hijauan seperti rumput gajah.

Nah untuk meningkatkan stamina si domba betina, selalu berikan minuman air yang bersih.  Lebih bagus lagi, berikan susu sebagai minuman si domba betina. Proses memberikan makanan dan minuman yang bergizi bagi si domba ketika bunting adalah kunci melahirkan anak domba yang sehat.

Semoga domba Anda yang sedang bunting selalu sehat.[SLF]

Komentar Anda