SRILESTARIFARM.COM | Proses ternak domba memang sangat menguntungkan. Domba jantan dan betina bisa kawin kemudian bunting dan melahirkan 2 sampai 3 cempe. Tentu proses reproduksi si domba sangat menguntungkan bagi para peternak.

Namun,  si peternak juga harus siap-siap dengan segala risiko yang bisa datang kapan saja. Untuk meminimalisir risiko, si peternak harus terus mengawasi semua hal tentang si domba yang sedang dirawat.

Termasuk pakan kandang dan vitamin tambahan untuk si domba. Proses pengawasan makanan si domba juga berguna supaya semua yang dikonsumsi domba merupakan makanan yang sehat dan aman. Tidak mengandung racun yang menyebabkan si domba sakit.

Peternak yang tidak mengawasi pakan Domba, maka domba akan memakan sesuatu yang menyebabkan tubuhnya keracunan. Seperti makan rumput yang sedang atau sudah di semprot obat pembasmi rumput. Hal itu tentu membahayakan kesehatan sidomba.

Oleh karena itu peternak harus mengetahui ciri-ciri domba yang terkena racun seperti keluarnya air liur seperti busa yang berlebihan, suhu tubuh yang tidak normal kemudian domba mengalami kejang-kejang.

Untuk mengatasi keracunan pada domba,  harus siapakan obat tradisional yang  mudah dan bahannya murah. Namun, memiliki khasiat untuk menyembuhkan.

Bahan yang harus disiapkan.

  1. Kelapa Muda
  2. Daun Bambu

Kelapa muda memiliki banyak kandungan nutrisi serta mengandung ion berupa fosfor, kolin dan asam amino. Air kelapa muda juga mengandung cairan elektrolit yang memiliki banyak nutrisi. Air kelapa juga memiliki manfaat positif untuk menetralisir kadar racun. Ditambah lagi, cairan elektrolit pada tubuh ternak yang hilang akibat dehidrasi, bisa digantikan lewat ion-ion positif dalam air kelapa.

Sementara itu daun bambu memiliki kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun dari tubuh si domba.  Ditambah lagi, daun bambu berkhasiat mengeluarkan racun berbahaya serta dapat memperlancar proses aliran darah dari jantung.

Berikut beberapa langkah proses pembuatan obat alternatif dari kelapa muda dan daun bambu untuk mengatasi keracunan.

Pertama, kelapa muda harus disiapkan kemudian lubangi lebar tempurungnya, hingga terlihat daging dan air kelapanya.

Kedua,  tumbuk halus 2 genggam daun bambu .  Setelah daun bambu sudah halus masukkan ke dalam air kelapa dan aduk sampai merata.

Terakhir, Setelah  daun bambu halus sudah dicampur merata dengan air kelapa, lantas masukkan cairan tersebut ke  dalam botol atau wadah yang biasa digunakan untuk minum sidomba.

Setelah selesai, berikan campuran air kelapa muda dan daun bambu yang sudah halus kepada si domba.

Campuran air kelapa dan daun bambu yang sudah halus harus diberikan secepat mungkin untuk menanggulangi atau mengeluarkan zat racun yang mengendap pada tubuh domba.

Semoga domba Anda tidak terkena racun. Selalu hati-hati dan awasi pakan yang Anda berikan kepada sidomba. Bila terjadi keracunan, maka secepat mungkin usahakan ramuan air kelapa dan daun bambu halus segera diberikan  pada domba.[SLF]

Komentar Anda