SRILESTARIFARM.COM | Belatung biasanya berada di tempat yang sangat jorok. Sialnya belatung bisa menggangu kesehatan ternak. Termasuk ternak domba.

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan elatung menggangu kesehatan domba. Pertama, domba terkena luka memar hingga memborok. Borok tersebut kemudian dihinggapi oleh lalat, lantas muncul belatung pada luka di domba.

Ya, Meskipun para peternak sudah bekrja keras  menjaga sidomba supaya tidak terluka.  Namun, tetap saja   domba-domba di kandang  terkena luka. Bisa karena  badannya menggesek kayu kandang. Bisa juga karena si domba bertarung dengan domba lainnya.

Dibutuhkan tindakan preventif supaya luka yang muncul pada domba tidak dihinggapi lalat yang menyebabkan munculnya belatung. Bahaya sekali tubuh domba sudah terluka, lantas belatung-belatung menempel pada borok tersebut.

Ketika belatung sudah menempel pada borok si domba,  borok tersebut  akan semakin parah. Luka yang semakin parah akan menyebabkan si domba kesakitan dan kesehatannya terganggu.

Oleh karena itu, langkah-langkah preventif supaya borok tidak dihinggapi oleh belatung, harus dilakukan.  Berikut merupakan cara supaya kandang bersih dan domba yang terkena luka tidak dihinggapi oleh belatung.

Cara pertama, cara paling tepat yang bisa digunakan supaya kandang selalu bersih dan dijauhi oleh lalat serta belatung adalah dengan menggunakan atau menyemprotkan cairan anti serangga. Semportkan cairan anti serangga tersebut pada semua sisi kandang.

Manfaat cairan anti serangga yang disemprotkan di sekitaran kandang ialah mengusir lalat.  Lalat harus diusir, karena lalat merupakan hewan yang menempelkan telur di atas luka domba. Yang kemudian memunculkan  belatung. Ketika tidak ada lalat maka potensi hadirnya belatung akan semakin kecil.

Cara kedua, ketika domba anda sudah memiliki luka dan borok yang sudah bernana, cara yang perlu digunakan adalah dengan menghubungi dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan antibiotik untuk untuk proses penyembuhan.

2 cara tersebut merupakan tindakan preventif untuk mencegah hadirnya belatung ketika domba mengalami luka. 2 cara tersebut harus dipraktikkan supaya domba kesayangan Anda jauh dari penyakit.[SLF]

Komentar Anda